menu

Search !

read this !

Buah Partenokarpi : 'Buah tanpa biji' .

Posted on | Kamis, 14 Oktober 2010 | No Comments


Tahukah anda apa Buah Partenokarpi ? Partenokarpi adalah buah tanpa biji . jika anda penasaran  , saya akan membahasnya .


Pada jenis tanaman, buah dapat dihasilkan meskipun penyerbukan dan pembuahan tidak terjadi. kamu dapat menemukan buah ini secara alami pada pisang dan nanas . fenomena ini dikenal sebagai partenokarpi. Buah partenokarpi biasanya tidak berbiji . Namun tidak semua buah tanpa biji adalah partenokarpi karena kebanyakan tumbuhan peerkembangan buah harus diawali dengan pembuahan.

Buah partenokarpi dapat juga dihasilkan secara buatan dengan zat pengatur tumbuh sintetis yang mengandung hormon auksin dan giberelin. Zat pengatur ini dibuat dalam bentuk pasta, kemudian diletakkan pada stillus (putik) yang dipotong, atau disuntikkan secara langsung ke dalam ronga bakal buah. dapat juga zat pengatur itu diletakkan ditanah agar dapat langsung diserap atau disemprotkan kepada tunas atau bunga . bahkan zat pengatur tumbuh yang diluapkan disekitartumbuhan dapat menginduksi terjadinya partenokarpi . Partenokarpi buatan telah berhasil diterapka untuk membuat buah tanpa biji pada tanaman semangka , mentimun , labu , angur , dan tomat .

Saat ini auksin sintetik dapat ditemukan dengan mudah di toko - toko pertanian . petani kita sering menggunakan sebagai zat perangsang akar pada stek. auksin sintetik juga banyak digunakan untuk produksi palawija untuk mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan buah muda.

Mungkin anda suka makan semangka tanpa biji karena ketika memakannya tidak terganggu oleh banyaknya biji pada daging buahnya. anggur tanpa biji juga tren dan terkenal sangat disukai oleh konsumen. Tetapi tahukah anda, tidak semua buah tanpa biji disukai konsumen. Tomat tanpa biji yang dihasilkan dengan menyemprot auksin tidak mempunyai bau harum khas tomat. bau harum khas tomat terpusat pada sari buah dari rongga biji. Pada buah tomat partenokarpi, cairan pada rongga biji ini tidak berbentuk sehingga buah tomay kehilangan bau khasnya.

Di Amerika Serikat, banyak dikembangkan jeruk tanpa biji. meskipun tanpa biji, tapi didalamnya terdapat 2 atau 3 biji. Tentu ini jauh lebih sedikit dibandingkan buah jeruk yang varietasnya berbiji. Contohnya adalah Jeruk navel, yang banyak dibudidayakan di Valencia, Bahia, dan Washington. Jeruk navel mula - mula diimpor dari Bahia, Brazil dan kemudian dikembangkan oleh departemen Pertanian Amerika Serikatdi Washington.

Bagaiman menurut pendapat anda ? pasti enak sekali ya jika kita menikmati buah anggur tanpa biji , semangka tanpa biji , dan juga jeruk . jila anda ingin mencoba buah ini , cobalah cari di supermarket dan bilang bahwa anda sedang mencari buah Pertenokarpi , semoga saja ada . Semoga postingan sederhana ini bermanfaat untuk anada .

Terima kasih .

Comments

Leave a Reply

Follow me on twitter !

follow me

Ranking alexa

Followers