menu

Search !

read this !

Sejarah Danau Toba

Posted on | Kamis, 30 September 2010 | No Comments




Statistik Danau Toba

Ada banyak Danau di Indonesia , seperti danau Sentani , danau Singkarak , danau Tiga Warna dan masih banyak lagi . diantara sekian banyak danau di Indonesia , ada satu danau yang menyandang predikat danau Terbesar di Indonesia , yang ada pulau di tengahnya itu loh , pasti anda tahu , yaitu Danau Toba .


Danau Toba terbentuk oleh sebuah ledakan Vulkanik prasejarah yang sangat hebat. Letusan tersebut terjadi 75.000 tahun yang lalu dan meninggalkan sebuah kawah yang spektakuler dengan bentang alam yang sangat indah . ledakan dengan indeks ledakan vulkanik 8 menyebabkan musim dingin selama bertahun - tahun dan membinasakan hampir semua yang hidup di Bumi , buset ! . ledakan juga membentuk sebuah pulau seluas 630 km persegi di tengah tengah danau dengan nama Pulau Samosir . pulau ini juga disebut sebut sebagai pulau di dalam pulau yang terbesar di dunia, dan juga merupakan danau vulkanik yang terbesar di Asia .


kedalamannya lebih dari 450 meter , iklim disekitarnya dingin nan sejuk , luasnya mencapai 1.265 km persegi, dengan panjang 90 km dan garis pantai sepanjang 285 km . dengan lapisan vulkanik yang sangat subur , dataran tinggi Toba telah didiami selama berabad - abad .

Legenda Danau Toba dan Pulau Samosir

Pada Zaman Dahulu, ada seorang lelaki bernama Toba yang tinggal disekitar lembah pegunungan Toba. Tidak ada yang tahu kapan dia datang dan dari mana ia berasal. Pemuda ini tinggal di sebuah Gubug sederhana di sebuah ladang di tepi sungai yang dikelilingi pegunungan . dia adalah seorang nelayan. dia juga mempunyai sebuah ladang. suatu kali, dia menemukan seekor ikan besar didalam perangkap ikannya yang terbuat dari anyaman rotan dan hal ini akan mengubah hidupnya . dia belum pernah menangkap ikan sebesar ini sebelumnya. ikan ini sungguh besar. kemudian, dia menaruh ikan tersebut di gubugnyadan keluar sambil memikirkan bagaiman cara memasak ikan tersebut. Setelah beberapa saat , dia kembali ke gubuknya. dia terkejut, ikan tersebut bukan ikan biasa, tetapi seekor ikan ajaib. ikan tersebut telah berubah menjadi seorang putri yang sangat cantik bernama Nauli. sisiknya berubah menjadi hiasan batu permata yang indah dan pakaian layaknya seorang putri raja . dia kemudian melamar putri tersebut. katanya, " maukah engkau menjadi istriku?"  Sang putri mengangguk dengan tersipu.

Pemuda itu sangat gembira . Sang putri mengatakan bahwa ia bersedia menikah dengannya dengan satu syarat. Dia tidak akan pernah mengatakan kepada sipapun bahwa putri tersebut adalah seekor ikan. Pemuda itu setuju. putri itu pun berkata bahwa jika ia melanggar janjinya, maka akan ada air mata dan bencana.

Akhirnya, mereka hidup bahagia dan Harmonis dengan putri tunggal mereka yang dinamakan Samosir. Sesudah putri mereka tambah besar , ibunya selalu memintanya untuk mengantarkan makan siang untuk ayahnya yang sedang bekerja di Ladang. Namun sayangnya, anak tersebut sangat rakus. Suatu kali , dia memakan habis semua makanan yang seharusnya diberikan kepada ayahnya. Ayahnya sangat marah ketika putrinya memakan habis  semua makanannya dijalan. Dia kemudia  berteriak kepada Putrinya, " Dasar anak Durhaka ! engkau betul - betul anak ikan ! ". Ibunya mendengar kutukan tersebut dan mndapatkan kalau suminya telah melanggar jaanji. Setiba dirumah, anaknya bertanya kepada ibunya , tanpa menjawab, sang ibu menyuruh putrinya pergi ke atas bukit karena akan terjadi bencana. setelah dia berdoa sebentar, terjadilah gempa bumi. Hujan yang sangat lebat turun dan air keluar dari dalam tanah tempat itu kemudian menjadi danau Toba dan bukit tersebut menjadi sebuah pulau yang dinamakan pulau Samosir.    






Cuma segitu yang gue tahu. makasih ya yang udah mau baca.
 



Comments

Leave a Reply

Follow me on twitter !

follow me

Ranking alexa

Followers